Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Akuntansi
Kelas XI SMK PAB 2 Helvetia. Adapun Pupolasi dalam penelitian ini
berjumlah 35 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
total sampling. Adapun yang menjadi sampel adalah kelas XI akuntansi. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one Shot
Case Study. Metode pengambilan data menggunakan angket kuisioner yang
diuji validitas dan reliabitasnya.
Berdasarkan Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe time token terhadap keaktifan belajar
siswa. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan hasil nilai uji t dengan taraf
signifikan 5% diperoleh thitung senilai 3,890 lebih besar ttabel dari 3,247 dan nilai
thitung = 0,003 < 0,005 dan hasil uji determinasinya adalah 24%, sehingga
menunjukkan bahwa hipotesis tersebut dinyatakan bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe time token berpengaruh untuk meningkatkan keaktifan belajar
siswa akuntansi kelas XI SMK PAB 2 Helvetia.