Abstract:
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilaksanakan pada semster I tahun ajaran 2022/2023 dalam dua siklus,
subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 107430 Galang yang
berjumlah 12 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes dan non-tes. Instrumen penelitian berupa tes danlembar observasi. Teknis
analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajarsiswa pada muatan Pembelajaran
Matematika di kelas II SD Negeri 107430 Galang. Hasil peningkatan keterampilan
berhitung siswa dapat dilihat dari perolehan data dari 21 siswa, pada soal pretes
pratindakan siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan kalsikal 19%, sedangkan
pada soal prete siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan klasikal 33% dan
pada soal pretes siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 siswadengan klasikal 76%,
maka dapat dilihat adanya peningkatan dari pratindaka, siklus I dan siklus II
sebanyak 9 siswa dengan klasikal 43%.