Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar menulis
cerpen melalui pembelajaran ekstrakurikuler literasi. Jenis penelitian ini yang
digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan
sebanyak II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas VA SD Muhammadiyah
11 yang berjumlah 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Instrument yang
digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa adanya peningkatan kemampuan hasil belajar menulis cerpen. Peningkatan
hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil perolehan data dari siklus I sampai
siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa dengan persentase
44,82% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 24 siswa dengan persentase
82,75%. Karena secara persentase telah mencapai 82,75% siswa yang berhasil
maka penelitian ini dikatakan berhasil.