Abstract:
Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan peserta didik dalam proses
belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran yang
digunakan oleh pendidik sehingga mengakibatkan kurangnya perolehan
keterampilan proses dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui bagaimana pengaruh model Project Based Learning terhadap
keterampilan prose IPA siswa kelas V SD YPI Nur Fadhilah Medan. Dalam
penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan lembar observasi.
Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas,
uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-u atau dapat disebut
sebagai uji Mann-Whitney. Adapun hasil nilai rata-rata siswa dengan
menggunakan model Project Based Learning yaitu 90 sedangkan siswa dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata 72. Dari hasil
pengujian uji-U yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui
bahwa nilai Asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan
bahwa hipotesis diterima (Ha diterima dan Ho ditolak). Artinya setelah
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terjadi sebuah
pengaruh terhadap keterampilan prose IPA siswa kelas V SD YPI Nur Fadhilah
Medan.