dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh media video
animasi terhadap kecepatan membaca siswa dan bagaimana terdapat pengaruh
media video animasi terhadap kecepatan membaca siswa.Metode penelitian yang
digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan jenis Pre exsperimental
desain.Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Al Ittihadiyah Laut Dendang yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan uji t dan uji
statistik dengan menggunakan software bantuan spss diketahui dengan uji
hipotesis mendapatkan nilai Sig. untuk pengaruh variable media video animasi
(X) terhadap variabel kecepatan membaca (Y) adalah sebesar 0,021 < 0,05 atau
nilai sig yakni 0,021 lebih kecil dari 0,05, dan 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 mendapatkan nilai sebesar
2,451 >𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,048 atau nilai 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video animasi terhadap kecepatan
membaca siswa.Berdasarkan hasil nilai tanggapan responden dari variabel media
video animasi dan variabel kecepatan membaca dengan nilai rata-rata tanggapan
responden 3,18 dan 3,51 sangat setuju serta nilai persentasenya 39,4% dan 67%
sangat setuju bahwa media video animasi berpengaruh terhadap kecepatan
membaca teks keberagaman budaya di Indonesia siswa kelas IV SD Al Ittihadiyah Laut Dendang Medan. |
en_US |