Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca pada
Siswa kelas III UPTD SDN 08 Perlabian sebelum dan sesudah menggunakan
media Big Book dan untuk mengetahui pengaruh media Big Book terhadap
keterampilan membaca pada siswa kelas III UPTD SDN 08 Perlabian. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas III UPTD SD Negeri 08 Perlabian berjumlah 22 orang siswa.
Analisis yang digunakan yaitu uji validitas expert, uji normalitas, uji homogenitas
dan uji paired samples test. Berdasarkan hasil penelitian yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22.0 for windows menunjukkan
bahwa hasil pengujian paired samples test (uji-t) diperoleh hasil bahwa nilai
signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,000, dengan demikian nilai
signifikansinya dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh antara penggunaan media Big Book terhadap keterampilan membaca
siswa kelas III UPTD SD Negeri 08 Perlabian.