Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika
interaktif berbantuan geogebra untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
pendekatan 5M pada materi persamaan garis lurus dan menguji tingkat kelayakan
media pembelajaran yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model
4D yang dimodifikasi menjadi 3 tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), design
(perancangan) dan development (pengembangan). Penelitian ini dilaksanakan di
MTsN 1 Aceh Tenggara di kelas VIII A EKS. Responden dalam penelitian ini
sebanyak 18 orang, terdiri atas 3 validator yaitu 2 dosen ahli 1 guru dan 15 orang
siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika
interaktif berbantuan geogebra telah tersusun dengan mendapat masukan dari
validator dan peserta didik diperoleh uji kelayakan yaitu 92,8% dengan kategori
“Sangat Valid”, pembelajaran matematika ditinjau dari aspek RPP yaitu 94%
dikategorikan “Sangat Valid”, kemudian hasil analisis respon siswa menunjukkan
persentase sebesar 94,5% yang dapat dikatakan “Sangat Baik”. Hal ini
menunjukkan media pembelajaran matematika interaktif berbantuan geogebra
layak digunakan siswa.