dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan atas adanya permasalahan peserta didik dalam
proses belajar mengajar dan juga kurangnya penggunaan model pembelajaran
yang digunakan oleh pendidik sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah.
Penelitian ini dilakukan untuk mengtahui bagaimana pengaruh model
pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA Pada materi Gaya
dan Gerak kelas IV YPI Nur Fadhilah. Adapun model pembelajaran yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Discovery Learning
dimana model pebmbelajaran Discovery Learning merupakan model
pembelajaran yang melibatkan peserta didikuntuk aktif secara langsung dalam
menggali pengetahuannya sendiri melalui pengematan yang telah dilakukan.
Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan tes pilihan ganda.
Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu uji validitas,
uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogentas, dan uji-u atau dapat disebut uji
Mann Whitney. Adapun hasil nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning yaitu 75,68 sedangkan siswa dengan
menggunakan model pembelajaran konvensional nilai rata-rata yaitu 65. Dari
hasil pengujian uji-U yang telah peneliti lakukan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning sebelum dan
sesudah menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan pengujiannya diketahui
bahwa nilai Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0.001 < 0.05 maka dapat disimpulkan
bahwa hipotesis diterima ( Ha diterima dan H0 ditolak). Artinya setelah
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning mempengaruhi hasil
belajar IPA pada materi gaya dan gerak kelas IV YPI Nur Fadhilah. |
en_US |