DSpace Repository

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author INTAN, EKA PUTRI
dc.date.accessioned 2023-08-10T02:19:30Z
dc.date.available 2023-08-10T02:19:30Z
dc.date.issued 2023-07-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21223
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Index Card Match terhadap motivasi belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan kelompok one group pretest-posstest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match yaitu 90,63 banding 49,15. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match adalah 60. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match adalah 94. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan diterima dan ditolak. en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran Index Card Match en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account