Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran siswa
pada di Kelas III SD Muhammadiyah 01 Medan. Adapun masalah yang
ditemukan dalam penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa pada bidang
studi IPA, rendahnya nilai IPA siswa, metode The Learning Cell belum pernah
digunakan di SD Muhammadiyah 01 Medan serta kurangnya pelatihan/penataran
terhadap guru-guru yang belum berpengalaman. Adapun lokasi penelitian ini
dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Medan. Dijalan Demak No. 3, Kecamatan
Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh
kesimpulan bahwa metode The Learning Cell memberikan hasil yang lebih tinggi
daripada Metode The Learning Cell. Ini dibuktikan dari rata-rata nilai untuk
Metode The Learning Cell diperoleh rata-rata sebesar 71,67, sedangkan nilai
tertinggi yang diperoleh adalah 85 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 60.
Metode The Learning Cell diperoleh rata-rata sebesar 64,16, sedangkan nilai
tertinggi yang diperoleh adalah 80 dan nilai terendah yang diperoleh adalah 50.
Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t
hitung
= 3,367 pada taraf nyata = 0,05
dengan taraf signifikan 95% dan harga t
tabel
= 1,672 berarti t
hitung
> t
tabel
(3,367>1,672) sehingga dapat disimpulkan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh
Metode The Learning Cell terhadap proses pembelajaran SD Muhammadiyah 01
Medan.