Abstract:
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar
siswa, kurangnya penggunaan media pembelajaran pada saat pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak pada rendahnya keterampilan menganalisis siswa.
Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu bagaimana keterampilan
menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat tanpa
menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal
Kab. Deli Serdang, bagaimana keterampilan menganalisis materi pentingnya
menjaga asupan makanan sehat dengan menggunakan media flashcard siswa kelas
V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, bagaimana pengaruh
penggunaan media flashcard terhadap keterampilan menganalisis materi
pentingnya menjaga asupan makanan sehat siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec.
Sunggal Kab. Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
keterampilan menganalisis materi pentingnya menjaga asupan makanan sehat tanpa
menggunakan media flashcard siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal
Kab. Deli Serdang, untuk mengetahui keterampilan menganalisis materi pentingnya
menjaga asupan makanan sehat dengan menggunakan media flashcard siswa kelas
V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang, untuk mengetahui
pengaruh penggunaan media flashcard terhadap keterampilan menganalisis materi
pentingnya menjaga asupan makanan sehat siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec.
Sunggal Kab. Deli Serdang. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis
penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan
kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas V SD Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang
yang berjumlah 40 orang Siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu
Tes keterampilan Menganalisis yang berjumlah 5 Soal berbentuk isian yang sudah
diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol
diperoleh hasil rata-rata sebesar 60,75 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar
80,75 dengan menggunakan media flashcard. Dilihat dari hasil output
“Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media
pembelajaran flashcard terhadap keterampilan menganalisis IPA Siswa Kelas V SD
Islam Ar-Rasyid Kec. Sunggal Kab. Deli Serdang.