dc.description.abstract |
Pendidikan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan.
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan sumber
daya manusia. Oleh sebab itu, pendidikan hendaklah harus dilaksanakan sebaik baiknya sehingga bisa mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui peningkatan Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Aktivitas
belajar IPS pada kelas Kelas IV SD Negeri 066659 Kelurahan Labuhan Deli.
Penelitian ini dilakukan secara observasi dan tes adapun beberapa siklus yang
dilakukan secara bertahap yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap
observasi, dan tahap refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh dari siklus I berupa
pembelajaran dengan penerapan model Jigsaw yaitu menyampaikan materi dan
menjelaskannya, membentuk kelompok, menyelesaikan tugas dengan berdiskusi,
memberi kesempatan kepada siswa untuk mencari tahu jawaban dengan
pemikiran sendiri. Siklus I berakhir setelah berdiskusi I. dari hasil siklus I tersebut
terdapat 42% atau 10 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan
58% atau 14 orang siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar. Dan dari hasil
observasi guru siklus I diperoleh niali terendah observasi guru jumlah 65% dan
nilai terendah observasi siswa dengan 63%. dalam mengelola pembelajaran sudah
cukkup baik namun belum mencapai ketuntasan. Maka penelitian dilanjutkan ke
siklus II. Siklus II dibuat dari pengembangan siklus I dimana peneliti membagikan
kelompok secara acak. Pada soal siklus II terdapat 4 orang orang siswa atau 17%
dari jumlah siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dan terdapat 20 orang
siswa atau 83% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Secara
klasikal sudah ditentukan ketuntasan belajar, dari nilai tertinggi hasil observasi
guru selama mengajar diperoleh jumlah nilai 90% dan aktivitas siswa selama
proses belajar mengajar adalah 85%. Dalam hal ini kemampuan guru dan aktivitas
siswa selama proses belajar mengajar mengalami peningkatan yang sangat baik
sekali. Kesimpulan dari penelitian ini aktivitas belajar IPS pada siswa sebelum
menggunakan model jigsaw berdasarkan observasi rata-rata nilai 58% pada siklus
I rata-rata 63% pada siklus II rata-rata 85%. |
en_US |