DSpace Repository

EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN AL-QUR’AN TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 50 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NUR, FADHILAH
dc.date.accessioned 2023-07-25T04:32:04Z
dc.date.available 2023-07-25T04:32:04Z
dc.date.issued 2023-04-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/21046
dc.description.abstract Pendidikan agama Islam merupakan sebuah pendidikan yang didasari dengan ajaran dan nilai-nilai keislaman sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an, Hadits, dan pemikiran ulama terdahulu. Baca tulis Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan atau program yang di dalamnya mengajarkan tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Penerapan Bimbingan Al-Qur’an menjadi salah satu solusi dan langkah strategis yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, kegiatan ini dibuat oleh guru mata pelajaran agama Islam berawal dari keprihatinan sekolah melihat masih banyaknya siswa yang belum mampu dalam membaca Al Qur’an. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 57 orang siswa, dengan Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, angket, dan dokumentasi dan Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji t, pengaruh variabel program bimbingan al-qur’an terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa (Ha), variabel program bimbingan Al-Qur’an (x) berepengaruh secara positif terhadap kualitas bacaan Al-Qur’an siswa. Hal ini dapat dilihat pada signifikansi program bimbingan Al-Qur’an (X) 0,030 < 0,05, dan nilai ttabel = t (α/2:n-1) = t (0,025:56) = 2,00324. Berarti nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,,228 > 2,00324), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis yang berbunyi efektifnya program bimbingan Al-Qur’an terhadap kualitas bacaan Al Qur’an siswa di sekolah SMP Muhammadiyah 50 Medan. “artinya semakin efektif program bimbingan Al-Qur’an maka semakin baik pula kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di Sekolah SMP Muhammadiyah 50 Medan, pada pelaksanaanya program bimbingan Al-Qur’an di laksanakan di kelas dan di adakan 4 kali pertemuan dalam 1 minggu yaitu pada setiap hari senin, selasa, rabu, kamis, dan jum’at dan dilaksanakan pada pagi hari dengan menggunakan media belajar berupa papan tulis, Al-Qur’an dan iqro serta pelaksanaan program bimbingan Al-Qur’an hanya di laksanakan di kelas 1 SMP dan kelas 2 SMP Muhammadiyah 50 Medan dan faktor pendukungnya ialah ketersediaan media belajar dan motivasi dari guru dan pembina sekolah sedangkan faktor yang menghambat pelaksanaannya ialah kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya melaksanakan program bimbingan Al-Qur’an, tidak tersedianya buku panduan sebagai acuan guru, kurangnya kreatifitas dari Pembina saat menyampaikan materi pengajaran Al-Qur’an dan kurangnya monitoring atau bimbingan dari orang tua. en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Kualitas Bacaan Al-Qur’an en_US
dc.subject Program Bimbingan en_US
dc.title EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN AL-QUR’AN TERHADAP KUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SISWA DI SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH 50 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account