Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana perencanaan guru dalam mempersiapkan pembelajaran,
kemudian proses pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan terakhir hasil belajar
siswa pada mata pelajaran thaharah dengan menggunakan media audio visual.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian,
adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Kemudian sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder,
serta informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di Madrasah
Tsanawiyah Islamiyah Medan. Dalam pengumpulan data, penelitian ini
menggunakan teknik observasi, wawacara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik
analisis data diproses dari koleksi data, kondensasi data, penyajian data, dan
kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Pada tahap perencanaan
dalam penggunaan media audio visual pembelajaran thaharah di MTs Islamiyyah
Medan guru mempersiapkan materi pembelajaran SK dan KD, merumuskan
tujuan yang hendak dicapai, mempersiapkan alat-alat media yang diperlukan
untuk menampilkan audio visual, mengatur tempat dan memperkirakan waktu
yang akan dipergunakan pada mata pelajaran thaharah. 2) Kemudian pada tahap
proses pelaksanaan dalam menggunakan media audio visual pada pembelajaran
thaharah di MTs Islamiyyah Medan, ada beberapa hal indikator yang harus
dilakukan yaitu kompetensi, pengorganisasian, aplikasi, dan evaluasi. 3)
Berdasarkan hasil belajar yang dicapai siswa menurut penjelasan guru mata
pelajaran thaharah, siswa lebih memahami pembelajaran yang disampaikan
dengan menggunakan media audio visual daripada pembelajaran yang hanya
menggunakan buku untuk belajar.