Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis
siswa kelas IV di MIS Al-Ikhlasiah Medan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa di kelas kontrol, mengetahui
keterampilan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen, dan mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa di kelas IV MIS Al-Ikhalsiah Medan pada pembelajaran IPA.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan pengolahan data kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dijelaskan bahwa seluruh
populasi dijadikan sampel yang berjumlah 57 siswa, terbagi menjadi 29 siswa di
kelas kontrol dan 28 siswa di kelas eksperimen. Insrumen pada penelitian ini
menggunakan instrumen tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal essay, dimana
siswa mengerjakan pre test dan post test yang sudah di uji validitas dan reliabilitas.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan pada siswa di kelas
eksperimen (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table)
diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 85,62, berbeda dengan siswa di kelas
kontrol (menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share)
diperoleh hasil nilai rata-rata siswa sebesar 70,17. Dinyatakan bahwa rata-rata nilai
siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada rata-rata nilai siswa di kelas
kontrol. Pembelajaran yang dilakukan pada siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah
Medan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table memberikan
dampak yang signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dibuktikan
dari nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat
disimpulkan dalam penelitian ini bahwa adanya pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe round table terhadap keterampilan berpikir kritis
siswa di kelas IV MIS Al-Ikhlasiah Medan dalam pelaksanaan pembelajaran IPA.