Abstract:
Penanaman nilai-nilai moderasi beragama sangat penting bagi setiap
lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan sejatinya merupakan lahan yang tepat
sebagai tempat untuk menyemaikan gagasan kebangsaan, menanamkan nilai-nilai
multikulturalisme, menebarkan cinta dan perdamaian dan membawa pesan agama
yang lebih damai. Beberapa penelitian terkait moderasi beragama disekolah
menunjukkan masih banyak siswa yang bersikap intoleran terhadap perbedaan
beragama, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan,
penerapan dan hasil penerapan moderasi beragama pada pembelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Satu Atap Sungai Apit Kabupaten
Siak. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian kualitatif dengan
pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang akan diperoleh yaitu berbentuk foto,
dokumentasi wawancara, dokumentasi pribadi, catatan lapangan dan lain
sebagainya. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan penerapan moderasi beragama
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Satu Atap Sungai
Apit Kabupaten Siak adalah merumuskan program kegiatan moderasi beragama
sesuai kurikulum yang berlaku, mensosialisasikan program kepada seluruh warga
sekolah dan menyusun RPP, silabus, prota, promes dan menyiapkan media
pembelajaran kemudian untuk penerapan moderasi beragamanya berupa kegiatan
iman dan taqwa ( IMTAQ ), penanaman nilai-nilai moderasi pada materi PAI,
pelaksanaan pembelajaran dengan metode kerja kelompok dan diskusi. Hasil
penerapan moderasi beragama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu
pemahaman tentang moderasi beragama, sikap toleransi terhadap penganut agama
lain dan sikap taat dalam menjalankan agama masing-masing.