Abstract:
Riset ini bertujuan guna memahami pengaruh model pembelajaran GQGA
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN 067253 Medan T.A
2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan
desain riset Quasi Experimental Design. Populasi dalam riset ini ialah seluruh
pelajar di kelas V di SDN 067253 Medan yang berjumlah 31 siswa. Pada
pengambilan sampelnya menggunakan teknik Total Sampling (Sampel Jenuh).
Hasil dari riset ini didapatkan dari tes, lalu diolah serta dianalisis menggunakan
software SPSS versi 20.0. Pada golongan eksperimen terdapat Mean sebesar 70,62
dan golongan kontrol sebesar 58,67 hingga dapat disimpulkan bahwa skor mean
pada golongan eksperimen memakai GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif
lebih baik daripada golongan kontrol yang memakai model konvensional.
Bersumber analisa data uji hipotesis, golongan eksperimen yang menggunakan
model GQGA terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa mendapatkan hasil uji
N-Gain sebesar 59,19% dan golongan kontrol menggunakan model konvensional
mendapatkan skor sebesar 40,41% sehingga dapat disimpulkan bahwa model
GQGA cukup efektif digunakan daripada model konvensional. Adapun hasil
koefisien determinan yang didapat untuk memahami besar pengaruh model GQGA
terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V di SDN 067253 Medan T.A
2022/2023 ialah sebesar 71,6%.