Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada
kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan dengan menerapkan model pembelajaran
make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini dilakukan II siklus. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SD
Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 19 laki-laki dan 10 perempuan.
Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi
dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar matematika
dengan menerapkan model pembelajaran make a match. Peningkatan motivasi
belajar matematika dapat dilihat dari perolehan data pada siklus I dan siklus II. Pada
siklus I terdapat sebanyak 19 siswa yang termotivasi dengan persentase 65,51% dan
terdapat 10 siswa yang kurang termotivasi dengan persentase 34,49%. Kemudian
pada siklus II sebanyak 26 siswa yang termotivasi dengan persetase 89,65% dan
terdapat 3 siswa yang kurang termotivasi dengan persentase 10,35%.