dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran take and give
terhadap keterampilan bekerja sama siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PKN di SD
Istana Hati Kota Binjai. Metode penelitin ini menggunakan penelitian eksperimen dengan
mengukur pengaruh model pembelajaran dari nilai pretest dan postest terhadap
kemampuan bekerjasama siswa dari hasil angket. Sampel pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas III SD Istana Hati sebanyak 28 orang. Adapun hasil penelitian ini
adalah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap keterampilan
bekerja sama siswa kelas III Pada Mata Pelajaran PKN di SD Istana Hati Kota Binjai. Hal
ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis di mana diperoleh rhitung > rtabel atau 41,251
> 2,9019 maka H0 diterima, sehingga model take and give berpengaruh pada
keterampilan kerja sama siswa. Sedangkan nilai uji hipotesis pretest dan postest siswa
diperoleh nilai F sebesar 21,746 (rhitung ), dan rtabel = 1. 26 jika dilihat pada tabel sebesar
2, 9019. Dimana berdasarkan simpulan uji hipotesis rhitung > rtabel atau 21,746 > 2, 9019
maka H0 diterima. Artinya simpulan dari hasil uji hipotesis nilai pretest dan posttest
adalah terdapat pengaruh model pembelajaran take and give terhadap pretest dan postest. |
en_US |