Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen
program jumat religi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,
dan pengawasan dan evaluasi dalam peningkatan mutu pembelajaran agama islam
di UPT SMP Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data
dilakukan dengan teknik: pemilihan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan: 1) Perencanaan kegiatan jumat religi
dalam peningkatan mutu pembelajaran agama islam telah dilakukan dengan baik.
Guru PAI telah melaksanakan perencanaan sesuai jadwal yang ditetapkan oleh
sekolah. Langkah pertama dalam merencanakan kegiatan jumat religi ini membuat
perangkat kegiatan, yaitu: a) menetapkan alokasi waktu, b) menyusun bentuk
kegiatan, c) membuat jadwal kegiatan, d) menetapkan target kegiatan, dan f)
membuat kelompok kegiatan; 2) Pengorganisasian kegiatan program jumat religi
dalam peningkatan mutu pembelajaran agam islam dilakukan dengan
memaksimalkan semua potensi yang ada di sekolah, baik sumber daya manusia
maupun sumber daya sarana dan prasarana yang ada untuk mencapai tujuan dan
menetapkan pembagian tugas pada pihak yang terlibat; 3) Pelaksanaan kegiatan
program jumat religi dalam peningkatan mutu pembelajaran agama islam
dilakukan dengan menjalankan kegiatan jumat religi sesuai dengan perencanaan
dan aturan yang telah dibuat; 4) Pengawasan kegiatan program jumat religi dalam
peningkatan mutu pembelajaran agama islam menggunakan dua langkah yakni;
partisipasi langsung dan memotivasi para guru dan siswa; 5) Evaluasi kegiatan
jumat religi dalam peningkatan mutu pembelajaran agama islam berlangsung
dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada dalam evaluasi seperti:
berkesinambungan, menyeluruh, objektif.