dc.description.abstract |
Penelitian ini meliputi media pembelajaran Bigbook dalam kegiatan pembelajaran
dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pada
siswa MI/SD. Media pembelajaran ini dapat dijadikan bahan ajar yang menarik
untuk meningkatkan minat baca. Masalah utama dalam penelitian ini adalah
apakah ada pengaruh penggunaan media Big Book terhadap hasil belajar membaca
tema 3 subtema 1 di kelas III SD Muhammadiyah 31 Medan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Big Book
terhadap hasil belajar membaca tema 3 subtema 1 di kelas III SD Muhammadiyah
31 Medan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan
penelitian One Group Pretest-Posttest Desaign. Penggunaan data dengan
menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif dan analisis inferensial. Subjek dalam penelitian ini adalah
murid kelas III SD Muhammadiyah 31 Medan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar murid kelas III sebelum menggunakan media Big Book adalah
62,8 dan hasil belajar setelah digunakan media Big Book 86,2 . Angka tersebut
menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media Big Book terhaadap hasil
belajar belajar membaca tema 3 subtema 1 di kelas III SD Muhammadiyah 31
Medan dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka signifikansi 5% atau
0,05 diperoleh t hitung t tabel, dimana 61,288 2,07387 maka HO ditolak dan H1
diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan ada
pengaruh penggunaan media Big Book terhadap hasil belajar membaca tema 3
subtema 1 di kelas III SD Muhammadiyah 31 Medan. |
en_US |