dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui keterampilan menulis siswa
kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia sebelum menggunakan model
pembelajaran decision making, (2) Mengetahui keterampilan menulis siswa kelas
IV UPT SDN 060890 Medan Polonia sesudah menggunakan model pembelajaran
decision making, (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran decision making
terhadap keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan kelompok one
group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV
UPT SDN 060890 Medan Polonia yang berjumlah 28 orang. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh yang dimana semua anggota populasi
digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar
observasi. Berdasarkan hasil penelitian : (1) Sebelum menggunakan model
pembelajaran decision making bahwa nilai rata-rata siswa masih rendah yaitu
56,18, dan nilai tertinggi yang diperoleh siswa sebelum menggunakan model
pembelajaran decision making adalah 70, (2) Sesudah menggunakan model
pembelajaran decision making nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 82,54, dan nilai
tertinggi yang diperoleh siswa sesudah menggunakan model pembelajaran decision
making adalah 92, (3) Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh hasil perhitungan
hipotesis menggunakan uji t (Paired Sample T Test) pada taraf signifikan 0,05
diperoleh hasil nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 ≤ 0,05 maka dapat dikatakan Ha
diterima dan H0 ditolak. Hasil analisis data tersebut data tersebut dapat disimpulkan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan
demikian terdapat pengaruh model pembelajaran decision making terhadap
keterampilan menulis siswa kelas IV UPT SDN 060890 Medan Polonia. |
en_US |