DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BOARD GAME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI UPT SDN 060880 MEDAN POLONIA

Show simple item record

dc.contributor.author FANI, FEBRIANTI
dc.date.accessioned 2023-06-14T01:48:22Z
dc.date.available 2023-06-14T01:48:22Z
dc.date.issued 2023-03-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20692
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pengunaan Media Board Game Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD Negeri 060880. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V UPT SD Negeri 060880. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas 5A sebagai kelas eksperimen dan kelas 5B sebagai kelas kontrol. Instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test yaitu test awal ( pre-test ) dan test akhir ( post-tes) Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menggunakan media board game mempunyai efektivitas yang cukup baik daripada pembelajaran tanpa menggunakan media board game. Ini ditunjukkan dari hasil analisis Independent Sample t Test-hitung = 0,00 dan 0,00 > Level of Significant = 0,05. Pada kelas eksperimen rata-rata awal sebesar 53,11 dan rata-rata akhir setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media board game meningkat menjadi 81,29. Sedangkan anak kelas kontrol rata-rata awal adalah 41,70 dan rata-rata akhir setelah pembelajaran tanpa menggunakan media board game sebesar 83,35. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan anatara pretest dan posttest dengan demikian terdapat Efektivitas Penggunaan Media Board Game Terhadap Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Siswa Kelas V UPT SD Negeri 060880 Medan Polonia. en_US
dc.subject Board Game en_US
dc.subject Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BOARD GAME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI UPT SDN 060880 MEDAN POLONIA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account