DSpace Repository

ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA(Oreochromis niloticus) KERAMBA JARING APUNG DI DESA HARANGGAOL KECAMATAN HARANGGAOL HORISON KABUPATEN SIMALUNGUN

Show simple item record

dc.contributor.author NUR, DELIMA SARAGIH
dc.date.accessioned 2023-06-12T04:21:39Z
dc.date.available 2023-06-12T04:21:39Z
dc.date.issued 2022-12-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20677
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran ikan nila KJA, untuk menganalisis fungsi pemasaran pada setiap saluran pemasaran, untuk menganalisis margin pemasaran ikan nila KJA, serta untuk menganalisis efisiensi pemasaran ikan nila KJA di Desa Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian di Desa Haranggaol Keamatan Haranggaol Horison Kabupaten Simalungun. Metode pengambilan sampel petani pembudidaya ikan nila KJA yaitu metode proportional stratified random sampling ( pengambilan sampel secara acak), pengambilan sampel pedagang pengumpul dan pedagang pengecer metode snowball ( dengan cara penelusuran) pada lembaga pemasaran. Metode pengumpulan data yang digunkan yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui bahwa saluran pemasaran dilokasi penelitian terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran yang pertama yaitu petani – pedagang pengumpul – konsumen. Pada saluran pemasaran dua yaitu : petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Fungsi – fungsi pemasaran yang di lakukan pada pedagang pengumpul yaitu fungsi pembelian,penjualan,pengakutan,penyimpanan dan informasi pasar sedangkan pada pedagang pengecer hanya melakukan fungsi pemasaran pembelian,penjulan dan informasi pasar. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar Rp.3000/Kg dan margin pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 7000/Kg. Tingkat Efisiensi pada saluran pemasaran I sebesar6,1% dapat dikategorikan efisien karena nilai efisiensi < 50%. Tingkat efisiensi pada saluran pemasaran II sebesar 7,2% dapat dikategorikan efisien karena nilai efisiensi <50%. en_US
dc.subject Ikan Nila KJA en_US
dc.subject Saluran Pemasaran en_US
dc.subject Fungsi Pemasaran en_US
dc.subject Margin Pemasaran en_US
dc.subject Efisiensi Pemasaran en_US
dc.title ANALISIS PEMASARAN IKAN NILA(Oreochromis niloticus) KERAMBA JARING APUNG DI DESA HARANGGAOL KECAMATAN HARANGGAOL HORISON KABUPATEN SIMALUNGUN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account