Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran ikan nila
KJA, untuk menganalisis fungsi pemasaran pada setiap saluran pemasaran, untuk
menganalisis margin pemasaran ikan nila KJA, serta untuk menganalisis efisiensi
pemasaran ikan nila KJA di Desa Haranggaol Kecamatan Haranggaol Horison
Kabupaten Simalungun. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Lokasi penelitian di Desa Haranggaol Keamatan Haranggaol Horison
Kabupaten Simalungun. Metode pengambilan sampel petani pembudidaya ikan
nila KJA yaitu metode proportional stratified random sampling ( pengambilan
sampel secara acak), pengambilan sampel pedagang pengumpul dan pedagang
pengecer metode snowball ( dengan cara penelusuran) pada lembaga pemasaran.
Metode pengumpulan data yang digunkan yaitu data primer dan data sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan dapat diketahui bahwa saluran
pemasaran dilokasi penelitian terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran yang pertama
yaitu petani – pedagang pengumpul – konsumen. Pada saluran pemasaran dua
yaitu : petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen. Fungsi –
fungsi pemasaran yang di lakukan pada pedagang pengumpul yaitu fungsi
pembelian,penjualan,pengakutan,penyimpanan dan informasi pasar sedangkan
pada pedagang pengecer hanya melakukan fungsi pemasaran pembelian,penjulan
dan informasi pasar. Margin pemasaran pada saluran pemasaran I sebesar
Rp.3000/Kg dan margin pada saluran pemasaran II sebesar Rp. 7000/Kg. Tingkat
Efisiensi pada saluran pemasaran I sebesar6,1% dapat dikategorikan efisien
karena nilai efisiensi < 50%. Tingkat efisiensi pada saluran pemasaran II sebesar
7,2% dapat dikategorikan efisien karena nilai efisiensi <50%.