Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk melihat Analisis pola pemasaran yang
dilakukan usaha ternak burung lovebird dan menentukan strategi yang dilakukan
usaha ternak burung lovebird.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis SWOT dan
QSPM untuk menjelaskan tentang pola pemasaran usaha ternak burung lovebird
dan strategi usaha ternak burung lovebird. Sampel yang digunakan metode sensus
berdasarkan kebutuhan penelitian yaitu 10 peternak burung lovebird dan 10
pengecer burung lovebird.Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka
dapat disimpulkan bahwa, Saluran pemasaran tidak langsung, dimana terdapat
lembaga pemasaran sebagai perantara antara peternak dengan konsumen akhir.dan
dari hasil strategi swot nya dapat simpulkan dari beberapa alternative strategi
meningkatkan kualitas burung lovebird, meningkatkan pelayanan pada
konsumen,melakukan promisi dengan menggunakan media sisoal.melatih tenaga
ahli untuk meningkatkan kualitas,membuat stantdar burung lovebird sesuai
permintaan pasar menjaga hubungan baik dengan konsumen lama maupun
konsumen baru,menetapkan strategi harga pasar dalam menghadapi persaingan,
meningkatkan kuantitas burung lovebird sesuai permintaan pasar.