dc.contributor.author |
SRI, NADIA PUTRI |
|
dc.date.accessioned |
2023-06-06T03:45:48Z |
|
dc.date.available |
2023-06-06T03:45:48Z |
|
dc.date.issued |
2023-01-25 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20630 |
|
dc.description.abstract |
Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya Pemahaman Konsep
Matematis peserta didik dalam mata pelajaran Matematika yang disebabkan oleh
kurangnya motivasi belajar dalam diri peserta didik dan kurangnya keterkaitan
materi dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Matematika sangat perlu
dipelajari oleh peserta didik karena Matematika memiliki tujuan penting untuk
memenuhi kebutuhan praktis yang berkaitan dengan perkembangan kemampuan
peserta didik untuk menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari,
seperti halnya berhitung yang sering kali dialami oleh peserta didik serta dapat
mengembangkan kemampuan dalam menghitung keliling dan luas bangun datar.
Salah satu cara untuk membuat matematika lebih dipahami dapat menggunakan
model Realistic Mathematics Education (RME) agar peserta didik dapat belajar
secara lebih nyata. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peningkatan
pemahaman konsep matematis peserta didik dengan menggunakan model
Realistic Mathematics Education (RME) serta adakah perubahan yang terjadi
setelah dilakukannya perlakuan menggunakan model tersebut. Penelitian ini
dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah kelas
IV A dan IV B dengan jumlah 39 peserta didik SD Negeri 054936 Wonorejo.
Instrumen yang digunakan yaitu tes tulis dengan jumlah soal sebanyak 15 soal
uraian. Perhitungan pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics 23. |
en_US |
dc.subject |
Pemahaman Konsep Matematis |
en_US |
dc.subject |
Model Realistic Mathematics Education (RME) |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 054936 WONOREJO |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |