Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang
menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis leaflet pada
pembelajaran tematik kelas V siswa SDN 013887 Desa Asahan Mati. Penelitian
ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan sarana dan prasarana di Sekolah dan guru
yang kurang kreatif dalam menyajikan materi dalam proses pembelajaran. Sebagai
bentuk untuk mengoptimalkan pembelajaran tematik, maka dikembangakan media
pembelajaran berbasis leaflet sebagai pendamping bahan ajar. Pengembangan
media berbasis leaflet ini bertujuan untuk menambah keanekaragaman media
pembelajaran tematik dan sebagai upaya untuk meningkatkan daya tarik siswa
terhadap pembelajaran tematik. Pada penelitian ini, peneliti memilih
menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan singkatan dari Analisis,
Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan
dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa kelas V
SD Negeri 013887 Desa Asahan Mati, Kecamatan Tanjung Balai Asahan,
Kabupaten Asahan. Instrumen penelitian menggunakan lembar angket yang terdiri
dari angket validasi untuk 3 ahli dan angket kepraktisan untuk guru dan peserta
didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan media valid untuk digunakan
dalam proses pembelajaran dengan memperoleh nilai rata-rata 94% kategori valid
berdasarkan validator materi, nilai 99% kategori sangat valid berdasarkan
validator desain media dan nilai 93% kategori sangat valid berdasarkan validator
bahasa. Hasil penelitian juga menunjukkan media layak digunakan berdasarkan
niai yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan dengan nilai rata-rata 94,6% kategori
sangat valid berdasarkan respon pendidik dan nilai 82,6% kategori baik
berdasarkan peserta didik.