dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
servant leadership terhadap job satisfaction, pengaruh servant leadership
terhadap organizational citizenship behavior, pengaruh organizational culture
terhadap job satisfaction, pengaruh organizational culture terhadap
organizational citizenship behavior, pengaruh job satisfaction terhadap
organizational citizenship behavior, pengaruh servant leadership terhadap
organizational citizenship behavior melalui job satisfaction, pengaruh
organizational culture terhadap organizational citizenship behavior melalui job
satisfaction. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kausal dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 67 responden
merupakan karyawan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang TPK Perawang
Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan daftar
pernyataan seperti kuesioner serta Teknik analisis data menggunakan Partial
Least Square (SmartPls) untuk menguji tujuh hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan Servant Leadership (X1)
memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Job Satisfaction (Z) dan
Organizational Culture (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan dan positif
terhadap Job Satisfaction (Z). Servant Leadership (X1) memiliki pengaruh
signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) dan
Organizational Culture (X2) memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap
Organizational Citizenship Behavior (Y). Job Satisfaction (Z) memiliki pengaruh
signifikan dan positif terhadap Organizational Citizenship Behavior (Y) pada
Karyawan PT Pelindo (Persero) Cabang TPK Perawang Pekanbaru. |
en_US |