DSpace Repository

ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANANAN AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN (STIM) SUKMA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author SULASMI
dc.date.accessioned 2022-12-13T01:45:36Z
dc.date.available 2022-12-13T01:45:36Z
dc.date.issued 2022-09-16
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/20260
dc.description.abstract Mahasiswa merupakan konsumen/ pelanggan dalam kegiatan layanan jasa sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai pelanggan akan dihadapkan pada sejumlah alternatif pilihan program studi, besaran uang kuliah, kualitas yang bervariasi yang pada akhirnya mereka akan mencari nilai manfaat tertinggi yang dapat ditawarkan oleh perguruan tinggi. Karenanya faktor-faktor penentu dalam mewujudkankepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik perlu dianalisis dan hasilpenelitian dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam optimalisasi dan peningkatan kualitas layanan akademik. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa selaku pelanggan dalam layanan akademik yang diberikan oleh STIM SUKMA. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner elektronik (Google form) kepada responden melalui WhatasApp Grup (WAG). Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda. Analisis faktor juga diterapkan untuk melihat faktor-faktor yang terbentuk berdasarkan kesamaan jawaban dari responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian memiliki R2 sebesar 0,840 atau 84%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan sebesar 84% oleh variabel independen yaitu ketersediaan sarpras, keandalan dan responsive, empati, dan jaminan. Sedangkan 16% variasi kepuasan mahasiswa dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian ini. Uji parsial pada regresi berganda menunjukkan bahwa variabel jaminan memberikan kontribusi terbesar dalam mewujudkan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-hitung 8,196 dan signifikansi 0,000. Sedangkan variabel empati terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung 0,279 lebih kecil dari t tabel 2,616 dan diperoleh nilai signifikansi 0,781 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05. en_US
dc.subject kepuasan mahasiswa en_US
dc.subject ketersediaan sarpras en_US
dc.subject keandalan dan responsive en_US
dc.subject empati en_US
dc.subject jaminan en_US
dc.title ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KUALITAS LAYANANAN AKADEMIK DI SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN (STIM) SUKMA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account