Abstract:
Mahasiswa merupakan konsumen/ pelanggan dalam kegiatan layanan jasa
sebuah perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai pelanggan akan dihadapkan pada
sejumlah alternatif pilihan program studi, besaran uang kuliah, kualitas yang
bervariasi yang pada akhirnya mereka akan mencari nilai manfaat tertinggi yang
dapat ditawarkan oleh perguruan tinggi. Karenanya faktor-faktor penentu dalam
mewujudkankepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik perlu dianalisis dan
hasilpenelitian dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam optimalisasi dan
peningkatan kualitas layanan akademik.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa selaku
pelanggan dalam layanan akademik yang diberikan oleh STIM SUKMA. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner elektronik
(Google form) kepada responden melalui WhatasApp Grup (WAG). Kemudian
data yang terkumpul dianalisis menggunakan persamaan regresi linier berganda.
Analisis faktor juga diterapkan untuk melihat faktor-faktor yang terbentuk
berdasarkan kesamaan jawaban dari responden.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penelitian memiliki R2 sebesar 0,840
atau 84%. Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan
sebesar 84% oleh variabel independen yaitu ketersediaan sarpras, keandalan dan
responsive, empati, dan jaminan. Sedangkan 16% variasi kepuasan mahasiswa
dijelaskan oleh variabel diluar model penelitian ini. Uji parsial pada regresi
berganda menunjukkan bahwa variabel jaminan memberikan kontribusi terbesar
dalam mewujudkan kepuasan mahasiswa dengan nilai t-hitung 8,196 dan
signifikansi 0,000. Sedangkan variabel empati terbukti tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa dengan t-hitung 0,279 lebih kecil dari t tabel 2,616 dan diperoleh nilai signifikansi 0,781 lebih besar dari taraf signifikansi
0,05.