DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author RADA, MONICA
dc.date.accessioned 2022-11-26T04:00:16Z
dc.date.available 2022-11-26T04:00:16Z
dc.date.issued 2022-11-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19846
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan metode pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah . Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas kontrol, Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas eksperimen, dan Bagaimana pengaruh penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas kontrol, untuk mengetahui Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan di kelas eksperimen, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadapkemamouan berpikir kritis siswa kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A dan V B SD Muhammadiyah 12 Medan yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 10 soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (metode active learning tipe card sort) diperoleh hasil 72,5, sedangkan di kelas kontrol (metode active learning tipe card sort) diperoleh 59. Pembelajaran menggunakan penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan Metode Active Learning Tipe Card Sort Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas V SD Muhammadiyah 12 Medan. en_US
dc.subject Metode Tipe Card Sort en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS V SD MUHAMMADIYAH 12 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account