DSpace Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SDS AL-WASHLIYAH 25 MEDAN

Show simple item record

dc.date.accessioned 2022-11-26T03:15:18Z
dc.date.available 2022-11-26T03:15:18Z
dc.date.issued 2022-11-26
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19836
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh guru sehingga berdampak kepada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah . Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk mengetahui Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas kontrol, Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas eksperimen, dan Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa Kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas kontrol, untuk mengetahui Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas eksperimen, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa Kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A dan V B SDS Al-Washliyah 25 Medan yang berjumlah 42 orang siswa. Instrumen penelitian ini menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 15 soal berbentuk isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan di kelas eksperimen (model pembelajaran two stay two stray) diperoleh hasil 98, sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran think pair share) diperoleh 83. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran two stay two stray memberikan dampak yang signifikan bagi siswa dalam keterampilan berpikir kritis. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray terhafap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDS Al-washliyah 25 medan. en_US
dc.subject Model two stay two stray (TSTS) en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V SDS AL-WASHLIYAH 25 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account