dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukakn karena adanya permasalahan belajar siswa dalam
kegiatan belajar mengajar, serta kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh
guru sehingga berdampak kepada rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah . Penelitian ini dilakukan dengan
bertujuan untuk mengetahui Bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa pada
kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas kontrol, Bagaimana keterampilan
berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas
eksperimen, dan Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay
two stray terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa
Kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25
Medan di kelas kontrol, untuk mengetahui Bagaimana keterampilan berpikir kritis
siswa pada kelas V SDS Al-Washliyah 25 Medan di kelas eksperimen, dan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray
terhadap keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran tematik siswa Kelas V
SDS Al-Washliyah 25 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.
Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V A dan V B
SDS Al-Washliyah 25 Medan yang berjumlah 42 orang siswa. Instrumen
penelitian ini menggunnakan tes berpikir kritis yang berjumlah 15 soal berbentuk
isian yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil yang dilakukan
di kelas eksperimen (model pembelajaran two stay two stray) diperoleh hasil 98,
sedangkan di kelas kontrol (model pembelajaran think pair share) diperoleh 83.
Pembelajaran menggunakan model pembelajaran two stay two stray memberikan
dampak yang signifikan bagi siswa dalam keterampilan berpikir kritis. Dilihat dari
nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mana 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan
bahwa adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran two stay two stray
terhafap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas
V SDS Al-washliyah 25 medan. |
en_US |