Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh
Program Kampus Mengajar sebagai upaya dalam persiapan menjadi guru
profesional pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU stambuk 2018-
2019.
Subjek penelitian (responden) adalah seluruh peserta program Kampus Mengajar
dari prodi Pendidikan Akuntansi UMSU angkatan I, II, dan III. Penelitian ini
menggunakan Ex post Facto dengan sampel sebanyak 33 mahasiswa. Metode
pengambilan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan
adalah uji regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan SPSS 23 for
windows.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh program Kampus
Mengajar berpengaruh signifikan terhadap persiapan menjadi guru profesional. Hal
tersebut dapat ditunjukan dengan nilai thitung Sebesar 4,708, koefisien regresi(b)
sebesar 0,417, nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,05) dan koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,417 atau 41,7% yang dapat diartikan bahwa 41,7%
persiapan menjadi guru profesional dipengaruhi oleh program Kampus Mengajar,
sedangkan sisanya sebesar 58,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian ini.