dc.description.abstract |
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semster I tahun ajaran 2022/2023
dalam dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta
Hikmah yang berjumlah 12 laki-laki dan 9 perempuan. Teknik pengumpulan
data menggunakan teknik tes dan non-tes. Instrumen penelitian berupa tes dan
lembar observasi. Teknis analisis data yang dilakukan secara deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar
siswa pada muatan Pembelajaran Matematika di kelas IV SD Swasta Hikmah
Pematang Bandar. Hasil peningkatan keterampilan menghitung perkalian
siswa dapat dilihat dari perolehan data dari 21 siswa, pada soal pretes
pratindakan siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa dengan kalsikal 19%,
sedangkan pada soal prete siklus 1 siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan
klasikal 33% dan pada soal pretes siklus II siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa
dengan klasikal 76%, maka dapat dilihat adanya peningkatan dari pratindaka,
siklus I dan siklus II sebanyak 9 siswa dengan klasikal 43%. |
en_US |