Abstract:
keaktifan dan keefektifan proses belajar didalam kelas tidak terlepas dari kreatifitas seorang guru didalam proses menyampaikan pesan pengajaran kepada para siswanya. Demi untuk memaksimalkan kreatifitas tersebut hendaknya seorang guru harus memiliki model pembelajaran yang kiranya relevan untuk digunakan didalam kelasnya. Pada dasarnya antara pendekatan, metode dan teknik pembelajaran itu mempunyai hubungan yang hierarkis. Teknik adalah suatu hasil penggunaan dari metode yang selalu konsisten dengan pendekatan yang dipilih artinya pendekatan yang bersifat aksiomatis, metode bersifat procedural dan teknik bersifat operasional. Dalam penelitian Penggunaan Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Mufradat Di Pondok Pesantern Adlaniyah metode yang digunakan meliputi metode ceramah, metode terjemah. Sedangkan kendala yang dihadapi adalah latar belakang siswa yang heterogen kelancaran membaca tulisan arab yang kurang serta kurang waktu belajar bahasa arab dan solusinya dengan memberi tambahan baca tulis alquran di kurikulum ekstrakulikuler sekolah.