Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana iPengembangan iLKPD
idengan imenggunakan imodel ipembelajaran iproblem ibased ilearning ipada imateri
iOperasi iHitung iAljabar?, Bagaimanakah ikevalidan iLembar iKerja iPeserta iDidik
idengan imodel ipembelajaran iberbasis imasalah iyang idikembangkan isebagai imedia
ipembelajaran ibagi isiswa i?, Bagaimana itanggapan isiswa iterhadap iLembar iKerja
iPeserta iDidik idengan imenggunakan imodel ipembelajaran iberbasis imasalah?.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik
menggunakan model Problem Based Learning pada materi operasi hitung aljabar
yang valid dan layak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan
dan menggunakan prosedur penelitian 4-D (four-D) yang dimodifikasi menjadi 3-
D (three-D), yaitu tahap pendefenisian (define), tahap perancangan (design), dan
tahap pengembangan (development). Hasil penelitian ini : 1) Peneliti telah
menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik menggunakan model Problem Based
Learning pada materi operasi hitung aljabar pokok bahasan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk aljaba. 2) hasil penilaian
Lembar Kerja Peserta Didik dari ahli materi sebesar 94,3% dengan tingkat
kevalidan sangat valid dan penilaian Lembar Kerja Peserta Didik dari ahli media
sebesar 81,6% dengan tingkat kevalidan cukup valid. 3) memperoleh hasil
penialaian melalui angket peserta didik dengan rata-rata persentase 88,25%
dengan kategori sangat positif. Dari hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan
respon peserta didik, maka Lembar Kerja Peserta Didik yang dikembangkan valid
dan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik