Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan komunikasi
siswa sebelum menerapkan Model Pembelajaran Probing Prompting pada
pelajaran PKn siswa kelas V SD N 101390 Batang Pane 1 Tahun Ajaran
2022/2023, 2) mengetahui kemampuan komunikasi siswa sesudah menerapkan
Model Pembelajaran Probing Prompting pada pelajaran PKn siswa kelas V SD N
101390 Batang Pane 1 Tahun Ajaran 2022/2023, 3) meningkatkan kemampuan
berkomunikasi siswa pada materi PKn setelah menerapkan metode pembelajaran
Probing Prompting siswa kelas V SD N 101390 Batang Pane 1 Tahun Ajaran
2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Melalui
model pembelajaran Probing Prompting terjadi peningkatan keterampilan
berkomunikasi siswa kelas V pada SD Negeri 101390 Batang Pane 1 pada
pembelajaran PKn. 2) Keterampilan berkomunikasi siswa diperoleh melalui
penerapan model pembelajaran Probing Prompting yaitus kor rata-rata
keterampilan berkomunikasi siswa siklus I mencapai 76,88 dan meningkat sebesar
94,75 pada siklus II. Model pembelajaran Probing Prompting sudah terlaksana
sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas V pada SD Negeri 101390 Batang
Pane 1.