Abstract:
Pengembangan kemampuan berpikir kreatif memang perlu dilakukan karena
kemampuan ini merupakan salah satu kemampuan yang dikehendaki dunia kerja.
Pembelajaran matematika perlu dirancang sedemikian sehingga berpotensi
mengembangkan berpikir kreatif siswa. Hasil observasi menunjukkan guru masih
kurang memperhatikan kemampuan berpikir kreatif pada siswa. Tes kemampuan
berpikir kreatif telah disusun dan divalidasi oleh validator. Berdasarkan identifikasi
dan batasan masalah yang telah disederhanakan, maka rumusan masalah dalam
penelitian ini dapat dirumuskan yaitu bagaimanakah instrumen tes untuk mengukur
kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengembangkan instrumen tes yang mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa
SMP. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil validasi oleh ahli adalah 3.36.
dan 84%. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan instrumen tes untuk
mengukur kemampuan berpikir kreatif layak digunakan.