Abstract:
Berdasarkan hasil analisa dan pengolahan data kuesioner
disimpulkan bahwa untuk kegiatan ekspor terdapat dua faktor yang menurut
responden menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan karena belum
memuaskan, yaitu : Kemampuan karyawan Prima Indonesia Logistik untuk
cepat tanggap dalam menghadapi keluhan/masalah yang timbul dari
customer/pengguna jasa (dengan tingkat kesesuaian kinerja dan kepentingan
80,83%), dan Pelayanan operator bongkar muat Peti Kemas yang cepat dan
tepat (waktu pelayanan ekspor) (dengan tingkat kesesuian kinerja dan
kepentingan 84,68%). Presentasi tingkat kepuasan untuk pengguna jasa
ekspor adalah 13% sangat memuaskan, 46% memuaskan, 40% biasa, 1%
kurang memuaskan dan 0% tidak memuaskan. Sedangkan untuk kegiatan
impor terdapat tiga faktor yang menurut responden menjadi prioritas utama
untuk ditingkatkan karena belum memuaskan, yaitu : Pelayanan yang cepat,
tepat dan ramah serta selalu siap menolong yang diberikan karyawan Prima
Indonesia Logistik (dengan tingkat kesesuaian kinerja dan kepentingan 75%);
Kemampuan karyawan Prima Indonesia Logistik untuk cepat tanggap dalam
menghadapi keluhan/masalah yang timbul dari customer/pengguna jasa
(dengan tingkat kesesuaian kinerja dan kepentingan 78,33%); dan Petugas
Prima Indonesia Logistik memberikan informasi jelas dan mudah dimengerti
tentang prosedur pelayanan impor kepada pelanggan/customer (dengan
tingkat kesesuaian kinerja dan kepentingan 80,75%). Persentasi tingkat
kepuasan untuk pengguna jasa impor adalah 4% sangat memuaskan, 40%
memuaskan, 42% biasa, 13% kurang memuaskan dan 1% tidak memuaskan.