dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam
pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh model two stay two stray menggunakan media papan musi terhadap
kreativitas siswa pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 050659
Stabat. Adapun metode pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 050659 Stabat. Variabel bebas
pada penelitian adalah model two stay two stray menggunakan media papan musi
dan variabel terikat adalah kreativitas belajar siswa pada pembelajaran
matematika. Teknik analisis data penelitian ini adalah (1) uji validasi (2) uji
normalitas (3) uji homogenitas (4) uji hipotesis berupa uji t-test. Hasil penelitian
menunjukan perbedaan kreativitas belajar matematika antara siswa yang belajar
dengan model two stay two stray menggunakan media papan musi dan siswa yang
menggunakan model two stay two stray tanpa menggunakan media papan musi,
dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yaitu kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu
(87 > 69,5 dan dilihat juga dari nilai uji hipotesis thitung < ttabel yaitu (5,43 < 1,68)
maka kesimpulannya tolak Ho sehingga dikatakan ada perbedaan kreativitas
belajar siswa dengan model two stay two stray menggunakan media papan musi
dan menggunakan model two stay two stray tanpa menggunakan media papan
musi, terhadap kreativitas belajar siswa pada pembelajaran KPK dan FPB siswa
kelas V di SD Negeri 050659 Stabat. |
en_US |