dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan belajar siswa
pada pembelajaran IPA materi perpindahan kalor. Rumusan masalah pada
penelitan ini yaitu apakah ada pengaruh media video animasi terhadap
keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar
Miring. Batasan masalah pada penelitian ini yaitu penggunaan media video
animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi
perpindahan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh media video animasi terhadap keaktifan belajar siswa pada
pembelajaran IPA kelas V SDN 101910 Pasar Miring.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif yang melibatkan
dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel
pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 101910 Pasar Miring yang
berjumlah 40 siswa. Instrumen pada penelitian ini yakni Lembar observasi
keaktifan belajar siswa. Pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu
menggunakan excel, sedangkan untuk mencari hubungan dua variabel
menggunakan rumus korelasi product moment dengan melakukan uji prasyarat
analisis terlebih dahulu, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil Penelitan ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan
antara kelas yang diberi perlakuan berupa media video animasi dengan kelas
yang tidak diberi perlakuan media video animasi. Berdasarkan perhitungan uji
hipotesis diperoleh nilai Thitung = 2,361 dan selanjutnya thitung dibandingkan
dengan ttabel dengan (dk= n1+n2-2) (dk= 20+20-2 = 38), maka diperoleh
harga ttabel = 1,685. Dengan formulasi perbandingan yaitu Thitung = 2,361 >
Ttabel=1,685. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media video animasi
terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA materi perpindahan
kalor kelas V SDN 101910 Pasar Miring. |
en_US |