Abstract:
Rumusan masalah diteliti adalah: 1.Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap keaktifan
belajar siswa SMK YPK Medan T.A 2022/2023. 2.Apakah ada pengaruh model
pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap hasil belajar
jurnal umum siswa SMK YPK Medan T.A 2022/202, 3.Apakah ada pengaruh
keaktifan belajar terhadap hasil belajar jurnal umum siswa SMK YPK Medan T.A
2022/2023. Tujuan dalam penelitian adalah: 1.Untuk mengetahui adakah
pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap
keaktifan belajar jurnal umum siswa SMK YPK Medan T.A 2022/2023. 2.Untuk
mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre
Solution Posing terhadap hasil belajar jurnal umum siswa SMK YPK Medan T.A
2022/2023. 3.Untuk mengetahui adakah pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil
belajar jurnal umum siswa SMK YPK Medan T.A 2022/2023. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :1. Uji Instrumen Penelitian (Uji
Validitas Angket dan Uji Reliabilitas Angket), 2. Uji Prasyarat (Uji Normalitas
dan Uji Homegenitas), 3.Uji Hipotesis (Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji
Parsial). Hasil pengujian diperoleh bahwa t hitung t tabel yaitu 2,208 2,026.
Sedangkan nilai signifikannya adalah 0,034 0,05. Artinya :1.Terdapat pengaruh
model pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap hasil
belajar jurnal umum siswa SMK YPK Medan. 2.Terdapat pengaruh model
pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing terhadap keaktifan siswa
SMK YPK Medan. 3.Terdapat pengaruh antara keaktifan siswa terhadap hasil
belajar siswa SMK YPK Medan.