Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Model
Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran
Akuntansi Smk Tamansiswa Medan TA.2022-2023.
Subjek penelitian (responden) adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi
Tamansiswa Medan. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 11 siswa.
Metode pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan soal test pilihan
berganda, yang dimana 10 soal Pre Test dan 10 soal Post Test. Metode analisis data
yang digunakan adalah uji normaitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, uji
parsial (uji t), dan uji determinasi dengan menggunakan bantuan SPSS 28 for
windows.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model Blended Learning
berpengaruh terhadap hasil belajar. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai 2,431,
koefisien regresi (b) sebesar 0,396, nilai signifikansi (p) sebesar 0,038 (p<0,05) dan
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,396 atau 39,6% yang dapat diartikan bahwa
39,6% model Blended Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sedangkan
60,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.