Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan variasi mengajar
yang digunakan Guru Mata Pelajaran Fiqih Pada Masa Pandemi Covid-19 di MTs
Budi Agung Medan, untuk mengetahui media dan bahan ajar yang digunakan dan
untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi Guru ketika mengadakan variasi
mengajar Mata Pelajaran Fiqih Pada Masa Pandemi Covid-19 di Mts Budi Agung
Medan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif,
dengan mengambil dan mengumpulkan berbagai data dan informasi. Pengumpulan
datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan hasil dari penelitian ini ialah variasi gaya mengajar Guru mata
pelajaran fiqih dilakukan secara luring dan bergelombang dengan menggunakan
metode ceramah dan demonstrasi/praktik, media dan bahan ajar yang digunakan
guru menggunakan media audio visual seperti video pembelajaran, dan menyiapkan
bahan ajar juga metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran yang
hendak diajarkan dengan alokasi waktu yang terbatas