dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kolaborasi siswa di
kelas V SD Negeri 014629 Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan,karena
kemampuan kolaborasi pada siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran Round Table Rally Table terhadap
kemampuan berkolaborasi.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa
kelas V SD Negeri 014629 Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan. yang
berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non tes
dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui kemampuan
berkolaborasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran
Round Table Rally Table Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian One grup pretest posttest
design , yaitu design yang tidak menggunakan kelompok control pada saat
penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan
berkolaborasi siswa sebelum menggunakan model pembelajaran round table rally
table terlihat dari aktifitas siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah
dimana 12 orang siswa telah memenui nilai KKM dan 24 siswa belum memenuhi
nilai KKM dengan nilai rata-rata 70,44 . Kemampuan siswa setelah menggunakan
model pembelajaran round table rally table sudah meningkat dimana 34 siswa
sudah memenuhi nilai KKM dan 2 Siswa belum memenuhi nilai KKM dengan
nilai rata-rata 88. Diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 2,150 sedangkan untuk t
tabel pada N =36-2 yaitu 2,032.Maka t hitung 2,150 > 2,032 sehingga diperoleh
hasil penelitian bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Round Table Rally
Table Terhadap Kemampuan Berkolaborasi Siswa Kelas V SD Negeri 014629
Kecamatan Tanjung Balai Kabupaten Asahan . |
en_US |