dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media video animasi
dalam proses pembelajaran berpikir tingkat tinggi khususnya pada ranah kognitif
C4 (menganalisis). Penelitian ini bertujuan untuk 1). mengetahui kemampuan
siswa kelas IV SDN 101828 Gelugur Kebun dalam menganalisis materi gaya dan
gerak sebelum menggunakan media animasi, 2). untuk mengetahui kemampuan
siswa kelas IV SDN 101828 Gelugur Kebun dalam menganalisis materi gaya dan
gerak sesudah menggunakan media animasi, 3). untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media video animasi terhadap kemampuan menganalisis materi gaya
dan gerak siswa kelas IV SDN 101828 Gelugur Kebun. Metode penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas IV di SDN 101828 Gelugur Kebun Tahun ajaran 2022-2023.
Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan teknik Sampling Jenuh. Variabel
bebas dalam penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi dan variabel
terikatnya adalah kemampuan siswa dalam berpikir menganalisis. Pengujian
hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana yang terlebih dahulu
dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas. Hasil penelitian ini
memperoleh nilai rata-rata pada pretest yaitu sebesar 51.05, Sedangkan nilai rata rata pada posttest yaitu 59.29. Berdasarkan dari hasil pengolahan data yang telah
dilakukan peneliti dengan menggunakan statistik uji regresi linear sederhana yaitu
thitung adalah 13.839 > 1,701 (df = 28 pada 5%). Sehingga menunjukkan bahwa
hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diatas dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap kemampuan
menganalisis materi gaya dan gerak siswa kelas IV SDN 101828 Gelugur Kebun. |
en_US |