DSpace Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 105288 SEI ROTAN

Show simple item record

dc.contributor.author APRILIYANI, SASKIA
dc.date.accessioned 2022-11-03T02:29:39Z
dc.date.available 2022-11-03T02:29:39Z
dc.date.issued 2022-11-03
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/19094
dc.description.abstract Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaaan model pembelajaran sehingga menurunnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaiamana pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD negeri 105288 Sei Rotan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 105288 Sei Rotan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan april – juni tahun 2022. Populasi penelitian berjumlah 56 siswa dengan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan sebanyak 56 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes yang telah valid. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent T-Tes. Hasil dari penelitian didapat nilai rata-rata pada kelas kontrol mendapat nilai sebesar 77. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 80. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji idependent t-test pada aplikasi SPSS 24.0 for Windows yaitu 0,000 dengan dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05 maka dari tabel distribusi t dimana nilai probabilitasnya lebih kecil dari 0,05 Sehingga menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran STAD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 105288 Sei Rotan. en_US
dc.subject Model Pembelajaran STAD en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 105288 SEI ROTAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account