dc.description.abstract |
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh model
pembelajaran Play Role terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa kelas
VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan. Dan bagaimana peningkatan kemampuan
pemahaman konsep matematika pada model pembelajaran Play Role pada materi
relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 61 siswa di
SMP Swasta Harapan Mekar Medan dengan siswa kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen sebanyak 32 siswa dan siswa kelas VIII B sebanyak 29 siswa sebagai
kelas kontrol. yang dimana nilai rata-rata post-test dari kelas eksperimen sebesar
80,1111 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 70,5185 dimana ada
perbedaan rata-rata yaitu sebesar 9,5926. Untuk mengetahui bagaimana
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada metode play role
pada materi relasi dan fungsi maka digunakan uji hipotesis yang menggunakan uji
t setelah di uji maka diperoleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔(6,688617) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,1,674689). Karena
𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka hipotesis diterima. Sehingga peneliti menarik kesimpulan
bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP
Swasta Harapan Mekar Medan dengan metode play role pada materi relasi dan
fungsi pada kelas VIII. Adapun besar pengaruh model pembelajaran Play Role
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi relasi dan fungsi pada
siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan adalah sebesar 5 %. |
en_US |