Abstract:
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh model 
pembelajaran Play Role terhadap pemahaman konsep matematis pada siswa kelas 
VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan. Dan bagaimana peningkatan kemampuan 
pemahaman konsep matematika pada model pembelajaran Play Role pada materi 
relasi dan fungsi pada kelas VIII SMP Swasta Harapan Mekar Medan. Populasi 
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 61 siswa di 
SMP Swasta Harapan Mekar Medan dengan siswa kelas VIII A sebagai kelas 
eksperimen sebanyak 32 siswa dan siswa kelas VIII B sebanyak 29 siswa sebagai 
kelas kontrol. yang dimana nilai rata-rata post-test dari kelas eksperimen sebesar 
80,1111 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 70,5185 dimana ada 
perbedaan rata-rata yaitu sebesar 9,5926. Untuk mengetahui bagaimana 
peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada metode play role
pada materi relasi dan fungsi maka digunakan uji hipotesis yang menggunakan uji 
t setelah di uji maka diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔(6,688617) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (0,1,674689). Karena 
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka hipotesis diterima. Sehingga peneliti menarik kesimpulan 
bahwa adanya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP 
Swasta Harapan Mekar Medan dengan metode play role pada materi relasi dan 
fungsi pada kelas VIII. Adapun besar pengaruh model pembelajaran Play Role
terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika materi relasi dan fungsi pada 
siswa SMP Swasta Harapan Mekar Medan adalah sebesar 5 %.